Compliment Voucher for Purchase IDR 10.000.000+. LEARN MORE
25 January 2021

Cara Menyimpan Bahan Kue Agar Lebih Tahan Lama

Cara Menyimpan Bahan Kue Agar Lebih Tahan Lama

Sebagai bakers, bahan kue merupakan unsur yang penting dalam pembuatan kue. Dan, kita juga sudah mengetahui bahwa bahan kue dengan kualitas yang tinggi akan berdampak dari hasil kue yang kita buat. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa bahan kue yang kita pakai masih dalam kondisi yang baik dan tidak rusak.

Ada beberapa cara yang benar dalam menyimpan bahan kue ketika kita sudah membukanya:

  1. Gunakan Tempat Kedap Udara

    Pastikan anda menggunakan tempat yang kedap udara seperti ziplock dan trauh di daerah yang sejuk dan kering. Secara ideal di sekitar suhu udara 10-22 derajat Celsius dengan kadar kelembapan di bawah 60%. Rata-rata bahan kue bisa disimpan sekitar 2 tahun tetapi pastikan anda mengecek kembali tanggal kadaluarsanya.

    Beberapa bahan kue yang bisa disimpan seperti baking soda, bakaing powder, rempah roti yang sudah kering, susu bubuk, pasta yang dikeringkan, gula, cereal, dan banyak lainnya.

  2. Gunakan Pendingin Jika Diperlukan

    Beberapa produk bisa ditempatkan ke dalam pendingin untuk mengurangi proses percepatan perusakan terhadap produk tersebut. Di dalam udara pendingin, reaksi perusakan akan diperlambat.

    Beberapa contoh yang perlu disimpan di pendingin adalah buah yang dikeringkan, kacang-kacangaan, ragi kering, dan lainnya.

  3. Sering Memonitor Suhu dan Kelembapan Daerah Penyimpanan Makanan

    Selain itu, anda harus memastikan bahwa suhu dan kelembapan daerah menyimpanan makanan tetap konsisten terutama jika ada menyimpan bahan kue dalam jumlah besar. Jika suhu atau kelembapan kurang ideal, maka bahan kue tersebut akan lebih mudah untuk rusak. Salah satu cara untuk mengatasi adalah bisa dengan memasang system sirkulasi udara yang disebut HVAC untuk memastikan bahwa suhu dan kelembapan tempat penyimpanan tersebut tetap konsisten.

Dengan melakukan penyimpanan bahan kue yang benar, anda bisa tetap memastikan bahwa bahan kue tersebut tetap baik dan tidak mudah rusak sehingga bisa membantu anda untuk menghemat biaya untuk membeli bahan kue yang baru.

Pastikan juga anda selalu memilih bahan kue yang berkualitas karena bahan kue dengan kualitas yang lebih rendah akan membuat bahan kue anda lebih mudah rusak.

Back

Cart
0
Your cart is empty
Menu