Compliment Voucher for Purchase IDR 10.000.000+. LEARN MORE
16 January 2021

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baking Soda dan Baking Powder ke dua-duanya digunakan sebagai bahan ragi dimana dipakai untuk mengembangkan roti atau kue. 

Melihat dari dua nama ini sepintas kelihatannya dua-duanya adalah bahan yang sama dan bisa dengan mudah kita keliru mengingatnya. Walaupun ke dua produk ini kelihatannya mempunyai bentuk yang sama, dua produk ini sangat berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengerti apa itu baking soda dan apa itu baking powder agar ke depannya kita tidak keliru lagi ketika membeli bahan-bahan ini.

Baking Soda

Baking soda (atau disebut soda kue) adalah sodium bicarbonate, berbentuk bubuk kristal warna putih dan bersifat alkali.

Baking soda bisa diaktifkan dengan mencampurkan bahan yang asam dan cairan. Ketika diaktifkan, ia akan menghasil karbon dioksida yang membuat panggangan mengembang halus.

Oleh karena itu, kebanyakan resep yang memakai baking soda akan mengandung bahan lainnya yang asam seperti lemon dan lainnya.

Baking Powder

Berbeda dengan baking soda, baking powder merupakan bahan ragi yang komplit, di mana ia mengandung sodim bicarbonate dan juga asam untuk membuat panggangan mengembang.

Kanji jagung juga sering ada di dalam baking powder karena bisa menjadi pemisah antara asam dan sodium bicarbonate untuk menghindari pengaktifkan ketika dalam proses penyimpanan.

Cara kerja baking powder sama dengan baking soda, di mana ketika sodium bicarbonate dan asam yang ada tercampur akan menghasilkan karbon dioksida yang membuat panggangan mengembang.

Baking powder dibagi menjadi dua jenis pada umumnya yaitu jenis single-acting yang banyak dipakai di pabrik pembuatan makanan dan jenis double-acting yang banyak di pakai di rumah tangga. Kebanyakan resep yang mengandung baking powder biasanya yang berjenis double-acting.

Kenapa double-acting? Karena baking powder jenis ini akan membuat 2 reaksi terjadi yaitu ketika dicampur dengan air di temperatur ruangan dan ketika campuran dipanaskan.

Garis Bawahnya

Jadi secara singkat, baking soda adalah sodium bicarbonate yang membutuhkan asam dan cairan agar bisa diaktifkan.

Sedangkan, baking powder (atau yang disebut bubuk pengembang) sudah termasuk sodium bicarbonate, dan juga asam.  Sehingga ia hanya memerlukan cairan saja untuk bisa digunakan untuk mengembangkan panggangan.

Back

Cart
0
Your cart is empty
Menu